Menu

Kamis, 04 Februari 2016

Workshop Qualitative in Business

Saat ini dunia bisnis mengalami perkembangan yang sangat pesat hingga memunculkan beberapa fenomena yang tidak mampu untuk diprediksi oleh perusahaan. Sehingga banyak penelitian dilakukan untuk mencari jawaban atas terjadinya fenomena-fenomena bisnis yang ada.

Penelitian dalam dunia bisnis masih banyak dilakukan dengan metode kuantitatif dengan dalih bahwa penelitan kuantitatif memiliki banyak keunggulan, salah satunya data berupa angka dianggap mampu merepresentasikan hasil penelitian secara jelas dan pasti. Namun terkadang suatu fenomena tidak dapat dijelaskan melalui statistik maupun angka. Karena banyak dari fenomena-fenomena yang bersifat keperilakuan  tidak terungkap dengan baik.


Alternatif metode penelitian untuk memecahkan fenomena bisnis yang belum dapat diselesaikan salah satunya adalah penelitian kualitatif. Pendekatan ini sangat dikenal dalam penelitian sosial (antropologi, sosiologi) yang mencoba mengungkap dan menggali secara mendalam suatu kondisi atau fenomena sosial tertentu. Dalam perkembangannya, pendekatan ini pun kemudian banyak diadopsi dalam penelitian manajemen/bisnis.


Penelitian kualititatif merupakan sebuah riset yang bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis dengan pendekatan induktif.


Penelitian kualitatif memiliki beberapa metode, antara lain :
1.    Phenomenological Research
2.    Grounded Theory
3.    Ethnography
4.    Case Study
5.    Narrative Research

Dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan wawasan penelitian dalam dunia bisnis, maka program studi Manajemen Universitas Muhammadiyah Surakarta menyelenggarakan pelatihan “Qualitative in Business”. Pelatihan ini akan dilakukan secara bertahap, yaitu:
1.    Filosofi Qualitatif in Business                3 Maret 2016
2.    Penyusunan Proposal Riset Kualitatif         3 Juni 2016
3.    Analisis Riset Kualitatif                 3 Februari 2017
4.    Penulisan Publikasi Riset Kualitatif        2 Juni 2017


Diharapkan melalui acara ini, dosen maupun mahasiswa mendapat alternatif penyelesaian masalah dalam penelitian.

Tujuan
1.    Memberikan penjelasan dan wawasan mengenai penelitian kualitatif.
2.    Memberikan alternatif pemecahan masalah yang dihadapi dunia praktis dengan diwujudkan dalam bentuk riset.

Jenis kegiatan
Workshop

Pembicara
    Ihwan Susila, Ph.D

Target Peserta
    Dosen dan mahasiswa dalam maupun dari luar UMS.

Pelaksanaan
    Hari    : Kamis, 3 Maret 2016
    Tempat: Ruang Seminar G.2 Fakultas Ekonomi UMS
    Waktu    : Pukul 08.30 – Sampai Selesai




sumber: http://www.ums.ac.id/news/177/term-of-refference-qualitative-in-business

oleh: Sinung Aribowo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar