Menu

Selasa, 21 April 2015

Seminar Nasional dan Call For Paper CEO FORUM SOLO RAYA

Dalam rangka memperluas wawasan keilmuan para peneliti dan pemerhati ilmu bisnis umumnya serta menambah kemampuan analisis para peneliti manajemen khususnya Program Studi Manajemen bekerjasama dengan Pascasarjana Program Studi Magister Manajemen Universitas Muhammadiyah Surakarta akan menyelenggarakan CEO FORUM SOLO RAYA, Seminar Nasional dan Call For Paper dengan tema “Improving Business Performance In The Competitiveness Age“ yang akan dilaksanakan pada :  
Hari/tanggal: Rabu, 10 Juni 2015
Waktu: 08.00 WIB - Selesai
Tempat: Gedung Auditorium Mohamad Djazman Universitas Muhammadiyah Surakarta
 TERM OF REFFERENCE
BUSINESS PERFORMANCE IN A COMPETITIVE AGE

Perkembangan bisnis kontemporer menunjukkan bahwa peluang dan tantangan bisnis semakin beragam. Organisasi bisnis dihadapkan pada isu-isu strategis yang meliputi perubahan pasar dan konsumen, keterbatasan dan sharing sumber daya, persaingan dan perubahan regulasi. Kondisi ini memaksa semua organisasi bisnis melakukan langkah-langkah taktis dalam kerangka strategis untuk mengembangkan bisnisnya. Tolok ukur kesuksesan sebuah perusahaan untuk mengembangkan bisnis  diukur dengan capaian kinerja perusahaan.
Pada level praktek bisnis, penentuan pencapaian kinerja bisnis perusahaan menjadi ukuran penting dalam keputusan strategis perusahaan. Perusahaan yang memutuskan untuk menyusun strategi bisnis baru, melakukan reorganisasi dan restrukturisasi atau bahkan meninggalkan bisnisnya selalu menggunakan ukuran kinerja organisasi. Pada level praktis ukuran kinerja perusahaan yang populer adalah kinerja keuangan perusahaan. Ukuran pertumbuhan perusahaan dari sisi asset, nilai saham, profitabilitas dan perubahan struktur modal menjadi tolok ukur bagi organisasi bisnis saat ini.
Pengukuran kinerja perusahaan hanya berdasarkan kinerja keuangan, ternyata mendapatkan tantangan dari para praktisi bisnis maupun akademisi yang menggeluti teori bisnis. Ukuran kinerja keuangan tidak bisa mencerminkan kondisi jangka panjang baik dari sisi organisasi maupun perubahan pasar dan selera konsumen. Ukuran kinerja bisnis menjadi lebih luas, dengan meliputi aspek strategis yaitu organisasi dan sumber daya manusia, pangsa pasar, kepuasan konsumen, loyalitas konsumen dan posisi perusahaan di dalam industri.
Penggunaan ukuran kinerja bisnis menjadi lebih kompleks karena tuntutan bisnis dan pasar. Pertanyaannya kemudian, sejauhmana praktisi dan akademisi bisnis menemukan ukuran kinerja bisnis dan menggunakannya dalam praktek bisnis, serta implikasinya terhadap bisnis mereka. Perkembangan ukuran dan praktek kinerja bisnis yang meliputi:
1.       Pengelolaan sumber daya perusahaan.
2.       Aspek keuangan dan investasi.
3.       Pasar dan selera konsumen.
4.       Organisasi dan sumber daya manusia.
5.       Regulasi dan lingkungan eksternal.
Pembahasan tentang tema kinerja bisnis ini sangat penting bagi eksekutif perusahaan, akademisi dan pengambil kebijakan di pemerintahan karena ketiganya mempunyai peran penting dalam kelangsungan bisnis yang akan memberikan sumbangan terhadap pembangunan ekonomi wilayah.
Eksekutif perusahaan sangat berkepentingan dalam diskusi dan pembahasan kinerja bisnis karena hal ini terkait dengan usaha pengembangan bisnis dan keputusan investasi. Pemahaman dan memperluas wawasan tentang pola dan pengukuran kinerja bisnis menjadi faktor kunci dari perkembangan perusahaan.
Akademisi bidang ekonomi dan bisnis mempunyai peran strategis dalam pengembangan ukuran kinerja bisnis. Hasil riset dari akademisi dengan menggunakan latar belakang organisasi bisnis dan publik pada berbagai level menjadi sumbangan penting bagi perkembangan ukuran kinerja bisnis. Akademisi juga berkepentingan untuk mencari fakta empirik dari kinerja bisnis dalam organisasi perusahaan kontemporer.
Pengambil kebijakan di pemerintahan adalah pihak yang bisa memberikan pengaruh terhadap kinerja perusahaan karena wewenang mereka dalam menentukan regulasi bisnis dan investasi. Pengambil kebijakan di pemerintah juga berkepentingan agar perusahaan mencapai kinerja bisnis terbaik demi pembangunan ekonomi wilayah.
Seminar ini juga mengundang para akademisi, praktisi bisnis dan pengambil kebijakan untuk menyampaikan gagasan mereka secara tertulis dengan mengirimkan makalah dalam bidang:
1.       Manajemen Pemasaran.
2.       Manajemen Sumber Daya Manusia dan Organisasi.
3.       Manajemen Keuangan dan Investasi.
4.       Manajemen Strategik.
5.       Kebijakan Ekonomi dan Organisasi Industri.
Makalah-makalah tersebut diharapkan memperkaya gagasan tentang kinerja bisnis yang layak untuk diterapkan dalam organisasi bisnis maupun publik. 

Untuk itu kami lampirkan berikut :
1. Poster Seminar dan Call for paper
2. Panduan Penulisan Peper
3. Formulir Pendaftaran

Silahkan Download : CEO_SOLORAYA.rar - 917 KB
atau silahkan Kunjungi link dibawah ini:

http://www.ums.ac.id/news/145/business-performance-in-a-compotitive-age 

oleh: Sinung Aribowo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar